Cara Kirim Barang Lewat Kereta Api TERBARU

Binggung tidak tahu cara kirim barang lewat kereta api, cara nya mudah kok, semua caranya hampir sama saja dengan cara kirim barang lewat JNE, TIKI, Wahana, J&T mungkin hanya ada sedikit perbedaannya,

1. Bawa barang dan dokumen ke jasa pengiriman

bawa barang dan dokumen barang yang ingin dikirim menuju agen / jasa ekspedisi terdekat

2. Input barang ke kasir

Kasir tersebut akan mendata barang tersebut yaitu Isi barang, Alamat tujuan, Berat barang, Volume barang
Kasir akan menanyakan layanan paket kiriman jika ada setelah itu

3. Kasir akan proses

Setelah diproses kasir memberitahukan Administrasi / Biaya yang harus dibayarkan

4. Bayar

Setelah bayar, kasir akan memberikan Struk bukti pembayaran yang berisikan data dari barang dan nomor resi untuk melacak/mengecek barang tersebut

( Penting simpan struk tersebut hingga barang sampai tujuan guna untuk sabagai bukti pengiriman)


Syarat dan ketentuannya sebagai berikut:

1. Pengirim harus menyatakan isi kiriman dengan sebenarnya.

2. KAI berhak melakukan pemeriksaan (uji petik) terhadap kiriman yang dicurigai tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku di PTKAI (Persero) secara khususd an/atau yang berlaku di Indonesia secara umum.

3. Barang/dokumen yang dilarang untuk dikirim adalah: Surat/dokumen berharga bernilai uang; Uang tunai (rupiah/mata uang asing), surat berharga, perhiasan, dan sejenis lainnya; Barang berbahaya dan mudah meledak, beracun, dapat menimbulkan percikan api dan dapat merusak barang lainnya (barangB3); Barang yang mengandung psikotropika dan narkotika; Barang/dokumen yang dilarang menurut ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku; Barang/dokumen cetakan,foto dan barang lainnya; Yang dapat melanggar aturan kesusilaan/pornografi.

4. KAI dapat menentukan sarana angkutan tercepat untuk mengirim barang/dokumen ke tempat tujuan yang tidak selalu sama dengan informasi sebelumnya, terutama dalam keadaan terpaksa atau terdapat gangguan transportasi yang dapat mengganggu pengiriman ketempat tujuan.
Untuk barang/dokumen berharga/ berisiko tinggi/mudah pecah/rusak agar dapat diasuransikan oleh pengirim sesuai nilai sebenarnya. KAI tidak menangani pengepakan/packaging, jadi setiap pengirim bertanggung jawab atas pengepakan/packagingsetiap barang yang akan dikirimkan sesuai dengan standar packaging yang berlaku

Berikut alur pelayanannya demi keamanan dan kenyamanan bersama.

1. Pelanggan atau pengirim menyerahkan barang (yang sudah di-packing sesuai standar yang berlaku) ke loket di stasiun dengan melampirkan data pengirim dan penerima kepada petugas.

2. Penimbangan barang dan penempelan sticker pada barang.

3. Pembayaran oleh pelanggan di loket stasiun sesuai biaya angkutan.

4. Pemuatan barang ke dalam kereta bagasi.

5. Proses pengiriman barang.

6. Pembongkaran barang dari dalam kereta bagasi.

7. Pengambilan barang oleh pelanggan/penerima dengan menunjukkan bukti transaksi barang, kartu identitas asli di loket pengambilan barang di stasiun tujuan